Berikut Manfaat Besi UNP yang Membuat Kegiatan Jual Besi UNP Menguntungkan

ilustrasi besi unp

Berbagai toko material bangunan ataupun toko besi masih melakukan jual besi UNP hingga saat ini. Meskipun kalah populer ketimbang besi kanal CNP yang menjadi saudaranya, besi UNP masih menjadi favorit bagi sebagian kontraktor karena beragam manfaat yang dimilikinya. 

Pertanyaannya, apa saja manfaat yang didapat dari menggunakan besi kanal UNP? Serta, mengapa besi UNP menjadi kalah populer ketimbang besi CNP? Beberapa informasi tentangnya dapat anda temukan dalam artikel berikut.

Tentang besi UNP

Besi UNP merupakan salah satu material baja yang biasa ditemukan pada sebuah konstruksi bangunan, baik bangunan satu lantai maupun bertingkat. Material ini merupakan salah satu dari dua jenis besi kanal yang paling populer digunakan dalam konstruksi, dengan besi CNP sebagai salah satunya. 

Perbedaan besi UNP dan CNP terletak pada karakteristik serta penggunaannya. Sebagai contoh, dalam konstruksi atap bangunan, besi UNP akan lebih cocok bila diaplikasikan sebagai balok penutup atap (purlin) bangunan di bagian atas karena karakteristiknya yang keras dan berat. Sedangkan besi CNP, meski masih dapat berfungsi sebagai purlin, lebih sering dijadikan kerangka penyusun atap. 

Karakteristik ini juga menjadikan besi UNP memiliki beragam kegunaan yang tidak dimiliki besi CNP, seperti menjadi material penyusun bak mobil, komponen pelapis pada saluran air, serta komponen penyokong pada konstruksi jembatan. 

Meski demikian, besi UNP kurang dikenal masyarakat karena harganya memang lebih mahal jika dibandingkan saudaranya. Jelas saja, sebab keduanya pun memiliki kelas penggunaan yang berbeda. Berat besi UNP per batang pun lebih tinggi ketimbang saudaranya. 

Manfaat penggunaan besi UNP

Melihat masih seringnya besi UNP diaplikasikan pada beragam proyek konstruksi, tentunya kegiatan jual besi UNP masih merupakan kegiatan yang menguntungkan. 

Adapun beberapa manfaat dari penggunaan besi UNP bagi penggunanya, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Hemat waktu

Besi UNP merupakan jenis besi kanal atau sambungan, sehingga memiliki karakteristik mudah dibentuk dan disambungkan. Konstruksi yang menggunakan besi kanal cenderung dapat menghemat waktu jika dibandingkan konstruksi beton.

Sebagai contoh, penggunaan besi kanal pada konstruksi bangunan bertingkat akan lebih cepat dilakukan ketimbang bila menggunakan beton cor, yang membutuhkan proses pencetakan dan pengeringan lebih lama. 

  1. Efisien dari segi biaya

Dengan sifatnya yang mudah dibongkar pasang, menggunakan besi UNP berarti pula menghemat waktu pengerjaan, yang pada akhirnya mengurangi biaya tukang. 

Selain itu, ketahanan besi UNP hingga bertahun-tahun membuatnya tak perlu rutin diganti. Instalasi besi UNP pada bangunan juga tidak memerlukan tiang serta papan layaknya pada konstruksi beton cor, sehingga biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah.

Adapun harga jual besi UNP bisa sangat bervariasi, tergantung dari ukuran besi UNP itu sendiri.

  1. Ramah lingkungan

Ketimbang menggunakan kayu yang berarti menebang pohon, penggunaan besi kanal U dalam proyek konstruksi tentunya lebih ramah lingkungan. 

Besi UNP juga merupakan material anti korosi dan awet, sehingga dapat dipakai berulang kali. Berbeda dengan kayu yang terkadang rapuh setelah beberapa waktu. 

Jual besi UNP biasa ditemui pada berbagai toko besi terdekat. Tergantung dari jenis konstruksi yang akan dilakukan, anda bisa menemukan besi jenis ini dengan berbagai ukuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *