Cara Pastikan Genset Yanmar Rumah Anda Selalu Tahan Lama dan Siap Pakai

genset yanmar

Jika Anda beli Genset Yanmar untuk rumah, pastikan untuk rawat rutin. Perawatan ini penting agar genset selalu siap digunakan tiba – tiba. Ingin tahu cara perawatannya? Mari bahas dalam artikel berikut:

Bersihkan Genset Secara Rutin Minimal Sebulan Sekali

Cara perawatan genset Yanmar yang paling simple adalah membersihkannya secara rutin. Cukup bersihkan debu, kotoran dari cicak ataupun tikus, sarang laba – laba dan berbagai hal lain dari mesin. Selama dijaga dari kotoran, minimal Anda mencegah kerusakan dari luar seperti karat ataupun tombol yang lengket karena kotoran.

Rutin Lakukan Uji Penggunaan

Maintenance genset yanmar bisa dimulai dengan melakukan pengujian sederhana secara rutin. Pengujian ini cukup simple, cukup matikan sumber listrik rumah Anda sebentar lalu nyalakan genset. Apabila daya dari genset masuk ke rumah dan bisa digunakan, kondisi alat masih bagus.

Cek apakah selama menyalakan ini ada tanda – tanda tidak normal. Hal yang paling umum terjadi adalah suara yang makin berisik ataupun getaran tidak normal pada mesin. Jika temukan hal seperti ini, segera telepon petugas untuk memeriksa. Tapi jika tidak, kondisi genset masih siap pakai.

Periksa Aki dari Genset

Jika beli Genset Yanmar pastikan selalu kondisi genset dari mesin tersebut. Parts aki adalah bagian penting alat genset ini. Jika ada masalah di aki, mesin genset tidak akan bisa menyala otomatis saat listrik mati.

Fungsi menyala otomatis hanya bisa dinikmati jika parts ini mampu aktif lancar. Masalah aki sebenarnya simple. Anda bisa nyalakan manual mesin genset tanpa aki ini. Tapi sangat disayangkan jika fungsi otomatisnya tidak dipakai sama sekali. 

Selalu Cek Indikator Mesin

Merawat genset yanmar bisa dilakukan hanya dengan cek indikator mesin. Indikator ini biasanya berupa tombol dan lampu yang menyala saat genset aktif. Beberapa indikator menunjukan bahan bakar habis, kabel yang tidak terpasang ataupun kerusakan pada bagian tertentu. Jika sering – sering cek, Anda bisa lebih dulu tahu ada masalah di mesin tanpa harus menyalakan gensetnya.

Jika Perlu Panggilkan Teknisi Minimal Setahun Sekali

Walaupun dirawat baik dengan cara di atas, Anda bisa saja tidak tahu ada masalah dari mesin genset ini. Pemeriksaan yang lebih mendalam hanya bisa dilakukan mereka yang ahli ataupun punya alat khusus. Daripada Anda belajar sendiri untuk maintenance yang rumit, lebih baik undang petugas teknisi genset untuk memeriksa minimal setahun sekali.

Bagaimana menurut Anda soal bahasan perawatan di atas? Selama melakukan hal – hal tersebut, Anda bisa pastikan Genset Yanmar milik Anda selalu bagus kondisinya dan panjang umur. Mudah – mudahan bahasan diatas membuka wawasan dan membantu Anda dalam perawatan genset. Terima kasih sudah baca artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *