Penting! Sebelum Anda Memilih Strategi Multi Channel Selling Software

meningkatkan penjualan dan keuntungan menggunakan multi channel selling software

Apa itu Multi Channel?

Di dalam dunia yang sudah mengintegrasikan antara bisnis dan teknologi, terdapat dua pendekatan yang biasa dilakukan pelaku bisnis, salah satunya adalah multi channel selling software. Multi channel mengelaborasi pengalaman pelanggan lalu memberikan pilihan untuk bisa memilih saluran yang sesuai dengan selera mereka.

Multi channel mengerjakan dua praktek marketing, inbound dan outbound. Strategi ini memungkinkan pelaku bisnis menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi. Media pemasarannya biasanya berupa email, postes, katalog, dan lain sebagainya.

Terdapat kelemahan dari sistem multi channel, yaitu diantaranya:

  1. Perlu administrasi yang baik di tiap salurannya

Multi channel selling softwarememungkinkan pelanggan dari berbagai saluran untuk datang ke toko anda dan daya jangkaunya luas. Namun karena para pelanggan ini datang dari berbagai macam tempat penjualan yang berbeda maka administrasi yang dilakukan pun harus disesuaikan lagi secara teliti dan cermat.

  1. Perlu Admin yang Banyak

Makin banyak saluran yang ada, makin banyak pula kebutuhan admin di tiap salurannya. Selain mengurus administrasi, admin ini juga bakal mengurus berbagai keluhan dari para pelanggan ini. Menambah jumlah admin berarti menambah pengeluaran untuk gaji karyawan

  1. Stok Harus Selalu Siap Sedia

Karena saluran yang digunakan semakin banyak, maka anda harus selalu mengupdate jumlah stok di tiap saluran dan pintar-pintar membagi stok mana saluran yang paling banyak, dan mana saluran yang jarang menghasilkan penjualan

  1. Pertambahan Pengeluaran

Memang multi channel ini berpotensi meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan. Tapi nyatanya pengeluaran yang kudu dilakukan juga tak kalah banyak. Pengeluaran paling terasa ada di sektor penambahan jumlah karyawan. Saluran yang banyak masing-masing di tiap saluran membutuhkan karyawan. Sangat sulit mengandalkan satu admin untuk menghandle banyak saluran.

Pengeluaran lainnya adalah jaringan atau koneksi internet yang dibutuhkan juga semakin besar. Jika dilakukan secara Work from home pun perusahaan harus menyediakan bagi tiap karyawannya.

Itulah beberapa kelemahan dari strategi multi channel selling software. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *