Perhatikan Panduan Olahraga Untuk Program Hamil Sebelum Melakukannya

Ilustrasi olahraga

Kondisi tubuh yang sehat menjadi hal utama jika Anda ingin merencanakan kehamilan. Dengan cara olahraga untuk program hamil bisa membantu meningkatkan kesuburan dan tentunya daya tahan tubuh juga naik. Meskipun olahraga memiliki banyak manfaat tapi wajib disesuaikan dengan kondisinya. Selain olahraga pola makan sehat juga harus Anda terapkan setiap harinya. 

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Ada beberapa olahraga ringan yang disarankan untuk pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, seperti yoga atau zumba. Tapi sebelum Anda melakukan olahraga sebaiknya lakukan pemanasan ringan terlebih dulu. Inilah manfaat pemanasan sebelum olahraga bagi tubuh Anda. 

  1. Menghindari terjadi cedera otot tegang 
  2. Mencegah cedera punggung bawah
  3. Melancarkan sirkulasi darah
  4. Membantu memperbaiki postur tubuh
  5. Membantu meningkatkan kualitas tidur

Olahraga Untuk Promil 

Menurut studi, olahraga untuk program hamil adalah olahraga yang teratur mampu membantu meningkatkan kesuburan. Sehingga disarankan untuk berolahraga sekitar 30 menit terhitung dari pemanasan lebih dulu, seperti jalan kaki. Maka pilihlah olahraga yang memang mampu membantu Anda dalam masa program hamil. Adapun olahraga yang disarankan adalah : 

  1. Jogging
  2. Zumba
  3. Aerobik
  4. Yoga 

Adapun olahraga yang sebaiknya dihindari adalah : 

  1. Melompat
  2. Basket
  3. Olahraga lebih dari 1 jam 
  4. Olahraga berat seperti mengangkat beban

Dari beberapa penjelasan sebelumnya Anda bisa melakukan konsultasi lebih dulu ke dokter agar mendapatkan pengarahan, baik dari makanannya maupun aktivitas apa saja yang bisa dilakukan dan yang wajib dihindari. Untuk itu Anda perlu beberapa panduan sebelum melakukan olahraga. 

  1. Rutinlah olahraga dari sekarang, agar ketika Anda merencanakan kehamilan tidak kesulitan.
  2. Melakukan latihan fisik terutama pada otot punggung, perut, dan pangkal paha. 
  3. Berolahraga bersama pasangan bisa menjadi kekuatan. 
  4. Hindari olahraga yang berlebihan.

Itulah sedikit informasi mengenai olahraga untuk program hamil yang bisa Anda coba lakukan bersama dengan pasangan. Dan sebaiknya perhatikan olahraga apa saja yang aman untuk tubuh Anda dan dapat meningkatkan kesuburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *