Kegiatan Utama dari Ecommerce Warehouse Management

ecommerce warehouse management

Pelayanan yang diberikan oleh perusahaan ecommerce tentu harus maksimal. Salah satunya dengan menggunakan sistem manajemen warehouse. Lantas kegiatan utama apa yang menjadi fokus dari ecommerce warehouse management? 

Ecommerce Warehouse Management

Ecommerce merupakan model bisnis yang melangsungkan proses jual beli barang dari perusahaan maupun individu secara online. Sementara itu warehouse disebut juga dengan gudang penyimpanan barang yang akan dijual oleh perusahaan ecommerce. Penyimpanan warehouse harus dikelola dengan baik agar tidak ada barang yang terselip. 

Jadi, e-commerce warehouse management adalah pengelolaan barang yang berasal dari gudang maupun dibawa ke gudang. Setiap barang yang keluar maupun masuk ke dalam gudang penyimpanan dicatat secara rinci pada sebuah pembukuan gudang. Pengelola warehouse juga merasa lebih mudah merekap semua pemasukan dan pengeluaran barang menggunakan warehousemanagement. 

Ada beberapa kegiatan utama yang menjadi tanggung jawab pengelola gudang penyimpanan atau warehouse. 

Kegiatan Administrasi

Setiap kegiatan administrasi gudang menjadi tanggung jawab pengelola warehouse. Pengelola harus cekatan merekam setiap kegiatan agar memudahkan pihak perusahaan dalam melakukan produksi lanjutan. Hal ini tentu saja termasuk pemasukan barang maupun pengeluaran barang. Saat ini setiap kegiatan tersebut menjadi lebih mudah dengan adanya softwarewarehousemanagement. Namun pengelola tetap harus teliti ketika input data. 

Proses Penerimaan Barang

Kegiatan administrasi yang dilakukan oleh e-commerce warehouse management termasuk hal penerimaan barang. Perusahaan bahkan telah menyerahkan proses penerimaan barang ini secara penuh kepada pengelola gudang. Nantinya perusahaan akan melihat sejauh mana dan sebesar apa dana yang diterima. Selain itu perusahaan juga dapat melihat laporan barang yang masuk dan keluar. 

Penyimpanan Barang

Barang yang telah masuk dalam catatan pengelola gudang akan disimpan dan diperlakukan khusus. Perlakukan yang diterima tergantung jenis barang, misalnya barang segar seperti buah-buahan akan ditempatkan pada tempat khusus. Hal itu dilakukan untuk tetap menjaga kualitas barang sebelum dikirim kepada pembeli. 

Packing atau Pengemasan

Pengelola gudang juga bertanggung jawab atas pengemasan barang pesanan. Pengemasan dilakukan sebelum pengiriman barang dilakukan. Hal ini dilakukan agar barang yang akan dikirim bisa dikemas dengan rapi sehingga tidak mengecewakan konsumen. Pengemasan juga tergantung dengan jenis barang yang akan dikirim. 

Proses Pengiriman Barang

Setelah melakukan setiap kegiatan di atas, maka inilah waktunya pengiriman ke tempat tujuan. Saat pengiriman tentunya barang akan dibawa keluar dari gudang. Hal inilah yang tidak boleh terlewatkan untuk dicatat. Pengelola gudang saat ini akan lebih mudah karena telah menggunakan warehouse management system. 

Seperti yang diketahui bahwa sistem yang telah dirancang dengan baik akan meminimalisir kesalahan. Hal itu tentu akan membuat sistem manajemen gudang perusahaan ecommerce menjadi lebih rapi, efisien dan efektif. Itulah beberapa kegiatan utama e-commerce warehouse management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *