Inilah Keuntungan dari E-commerce Management Service yang Baik

Ilustrasi e-commerce management service

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah e-commerce bukan? Dalam beberapa tahun terakhir E-commerce sudah sangat berkembang dan banyak sekali orang-orang yang menggunakannya untuk melakukan bisnis perdagangan online. Tidak hanya itu, e-commerce management service juga terus berusaha memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya.

Apa itu e-commerce?

Electronik Commerce atau yang lebih dikenal dengan istilah E-commerce adalah berbagai aktivitas jual beli produk, jasa, maupun informasi yang dilakukan secara online. Adanya e-commerce ini benar-benar memudahkan setiap pelaku usaha dalam memasarkan serta menjual produk maupun jasa yang ditawarkan.

Dengan begitu, penggunaan e-commerce ini memberikan berbagai keuntungan yang bisa dirasakan baik oleh pelaku bisnis maupun oleh pembeli sebagai pengguna e-commerce, diantara keuntungan tersebut adalah.

  1. Mudah dalam pemasaran dan pembayaran

Proses jual beli produk maupun jasa menjadi lebih mudah, hal ini tidak hanya berlaku untuk proses pemasaran produknya saja, tetapi juga memudahkan dalam proses pembayaran secara online oleh pembeli.

  1. Mudah menjangkau konsumen lebih luas

Selain proses pemasaran, e-commerce juga sangat membantu dalam menjangkau calon konsumen lebih luas lagi. Hal ini dikarenakan penggunaan internet yang bisa menjangkau orang-orang yang ada di tempat jauh sekalipun.

  1. Memudahkan komunikasi antar penjual dan pembeli

Dengan disediakannya berbagai fitur chat  atau message, Anda sebagai pelaku bisnis online bisa dengan mudah berkomunikasi dengan calon pembeli, sehingga proses jual beli bisa berjalan dengan mudah tanpa perlu bertatap muka secara langsung.

  1. Fitur website yang mudah digunakan

Bagi pengguna e-commerce yang berperan sebagai pembeli, tentunya e-commerce ini sangat memudahkan ketika Anda akan mencari barang yang diinginkan. Hal ini dikarenakan sudah tersedia fitur search yang dilengkapi dengan filter di setiap pencarian, sehingga Anda bisa dengan mudah mencari barang sesuai dengan yang dicari.

E-commerce management service

Dalam menjalankan setiap proses yang diperlukan agar semua proses penjualan berjalan dengan lancar, e-commerce menyediakan layanan manajemen atau e-commerce management service yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis online. Layanan tersebut memungkinkan Anda sebagai pelaku bisnis online meningkatkan nilai penjualan sehingga lebih cepat, mudah, dan efisien.

Pengambilan keputusan yang dilakukan di dalam perusahaan e-commerce secara internal menggunakan sistem informasi manajemen yang memanfaatkan data dan teknologi dalam pengambilan keputusannya, diantaranya adalah:

  • Discussion Support Systems (DSS), merupakan sistem pengambilan keputusan yang berdasar pada data
  • Transaction Processing Systems (TPS), oleh karena pembayaran pada e-commerce dilakukan secara online, sistem ini memproses data keuangan yang masuk ke perusahaan
  • Management Information Systems (MIS), yang mendukung berbagai tugas dalam perusahaan
  • Executive Information Systems (EIS), sistem yang digunakan para eksekutif perusahaan untuk memantau semua informasi yang ada, baik internal maupun eksternal.

Setiap perusahaan memberikan e-commerce management service terbaik untuk memberikan layanan yang memuaskan bagi penggunanya, sehingga berbagai keuntungan tersebut bisa dirasakan setiap orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *