Aspek Mendesain Sistem Perpipaan dan Kontrol Dimensional Pembuatan Jalur Pipa

Ilustrasi perpipaan

Dalam mendesain sistem perpipaan tidak bisa dilakukan seenaknya sendiri. Semua harus sesuai dengan aturan supaya pipa tersebut tak hanya berfungsi dengan baik, namun ada berbagai hal lainnya. Piping designer juga harus memperhatikan kontrol dimensional pembuatan jalur pipa. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti sistem keamanan, aksesnya, dan masih banyak lainnya.

Keamanan/ safety

Keamanan menjadi hal utama saat anda mendesain sistem perpipaan. Yang dimaksud dengan safety adalah sistem pipa tersebut bisa menjamin operatornya agar dapat keluar dari berbagai macam bahaya yang mengancam tanpa mendapatkan luka. Bahaya dapat disebabkan oleh ledakan, api, gas, ataupun cairan beracun. Operator harus dapat berlindung atau menghindar sebisanya agar tidak terkena bahaya.

Rencana safety

Rencana safety mempunyai ragam hal seperti mendapatkan akses untuk dapat menjangkau sistem kebakaran, menyediakan akses tangga yang sudah sesuai dengan standar OSHA, pendeteksi api, dan menempatkan ruang pembakaran yang sesuai. Safety harus bisa memperhitungkan ragam keperluan lainnya seperti akses jalan, akses tangga, dan masih banyak lainnya.

Operability

Maksud dari operability adalah sistem pipa tersebut bisa dioperasikan dengan mudah. Seorang engineer bisa membayangkan bagaimana nantinya petugas saat di lapangan dapat mengoperasikannya dengan baik dan mudah. Semua nya harus dapat diakses dengan mudah tanpa menyusahkan atau berbahaya bagi petugas. Lebih baik jika memasang valve sejajar saat petugas berdiri.

Maintenance

Agar pekerja nantinya bisa bekerja dengan baik, engineer harus bisa memastikan jika setiap perlengkapan yang dibutuhkan untuk sistem pengecekan sudah lengkap. Sangat disarankan untuk merancang penempatan perlengkapan supaya tidak menghalangi apapun saat membutuhkan perbaikan seperti mengganti baru, membongkar, dan masih banyak lainnya. Seorang pemula saat mendesain sistem pipa harus belajar banyak supaya paham bagian mana perlengkapan akan ditempatkan dan prosesnya.

Bisa diakses dengan mudah

Accessibility memberikan kemudahan agar dapat menjangkau perlengkapan di sistem perpipaan. Selain membutuhkan maintenance, proses operasi juga bisa dilakukan dengan mudah dan aman. Petugas bisa mendapatkan kemudahan akses yang bisa menjangkau ke lokasi sistemnya. Untuk itu perlu dilakukan kontrol dimensional pembuatan jalur pipa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *