Inilah Cara Membuat Kopi Menggunakan Mesin Espresso

ilustrasi mesin espresso

Kata siapa menggunakan mesin pembuat kopi sulit? Meskipun baru pemula Anda bisa melakukannya dengan mudah, asalkan sesuai dengan takaran kopi yang telah ditentukan.

Sajian minuman kopi espresso

Sajian kopi yang berbasis espresso ini memiliki banyak macamnya, diantaranya Espresso, Ristretto, Lungo, Doppio, Americano, Long black, Macchiato, Affogato, dan lainnya. Setiap sajian kopi tersebut memiliki takarannya masing-masing.

Cara membuat kopi dengan mesin kopi espresso

Penggunaan mesin espresso untuk membuat kopi tidaklah sulit, Anda bisa membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Bersihkan terlebih dahulu mesin pembuat kopi

Sebelum mulai membuat kopi, Anda perlu memastikan mesin pembuat kopi sudah dicuci bersih, sudah dikeringkan dan bebas dari debu. Hal ini dilakukan untuk menjaga rasa dan kualitas sajian kopi yang dibuat.

  1. Pasang penyaring kopi

Ada jenis mesin pembuat kopi yang penyaringnya sudah terpasang, namun beberapa diantaranya ada yang belum terpasang. Untuk itu Anda perlu memasangnya terlebih dulu sebelum mulai membuat kopi. Gunakan penyaring kertas alami atau penyaring yang bermerek agar hasil kopi lebih bagus. 

  1. Tuangkan kopi

Tuangkan kopi dengan takaran atau perbandingan antara kopi dengan air yang telah ditentukan. Standar takaran kopi yang biasa digunakan adalah dua sendok makan dengan 177 ml air.

  1. Tuangkan air

Penggunaan air dalam pembuatan kopi juga perlu diperhatikan, agar air yang digunakan pas, Anda bisa menggunakan baris pengukur yang tersedia di mesin pembuat kopi. Jika masih belum mahir menggunakan alat ini, sebaiknya tuangkan air ke dalam bagian penampung agar jumlahnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Nyalakan alat pembuat kopi espresso

Setelah racikan bahan pembuat kopi dituangkan, Anda hanya perlu menyalakan mesin dan mengatur lama waktu untuk mencampurkan racikan tersebut.

  1. Pastikan racikan kopi sudah tercampur

Dalam membuat kopi Anda perlu memastikan semua racikan telah tercampur merata, ada beberapa mesin yang menyediakan fitur pause agar Anda bisa menentukan tingkat campuran kopi yang dibuat.

  1. Kopi siap untuk disajikan

Setelah semua racikan kopi tercampur merata, hasil kopi tersebut bisa dituangkan ke dalam cangkir dan siap untuk dihidangkan.

Itulah cara membuat kopi menggunakan mesin espresso yang sangat mudah untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *