Ini Dia 3 Alasan Perlunya Integrasi E-commerce dengan ERP

integrasi ecommerce dengan erp

Jika Anda masih baru dalam dunia bisnis, misalnya berjualan di e-commerce. Anda dapat mempelajari integrasi e-commerce dengan ERP untuk membantu mengelola aktivitas bisnis.

Apa Itu ERP dalam bisnis? 

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning. ERP berfungsi sebagai konsep sistem informasi untuk merencanakan atau mengelola proses bisnis e-commerce yang terintegrasi.

Menggunakan ERP dapat memudahkan Anda untuk mengelola aktivitas manajemen pelaporan, pemesanan, persediaan, marketing, serta terdapat informasi supplier maupun pengelolaan pembelian secara otomatis. Semua informasi transaksi akan tersimpan dalam database perusahaan.

ERP juga tidak membuat Anda harus mengurus segala sistem atau alur kerja perusahaan secara manual. Semua informasi tersebut dapat memudahkan karyawan untuk mengetahui informasi yang diperlukan untuk para pelanggan. Hal ini juga termasuk penting untuk memuaskan para pelanggan.

3 Alasan Perlunya Integrasi E-commerce dengan ERP

Banyak manfaat yang bisa didapatkan pada integrasi e-commerce dengan ERP. Maka dari itu terdapat alasan yang sangat penting untuk menggunakan ERP dalam bisnis.

  • Hemat Biaya Operasional 

Mengingat banyak sekali biaya operasional yang harus dikeluarkan, ERP dapat membantu Anda untuk menghemat biaya tersebut. Karena semua informasi sudah bisa didapatkan dengan mudah tanpa bantuan dari tenaga orang lain. Maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membayar orang tersebut.

  • Mudah Mendapatkan Informasi Bisnis dan Pengelolaan

Enterprise Resource Planning memiliki informasi lengkap tentang bisnis e-commerce Anda. Tidak perlu lagi mencatat dalam buku maupun tempat lain karena sudah terdapat database khusus perusahaan.

Integrasi software ERP pada e-commerce dapat secara otomatis mengetahui dan mendata jumlah stok barang secara cepat atau real time. Hal ini akan sangat berguna untuk pelayanan yang cepat dan memuaskan.

ERP juga memudahkan Anda untuk mengelola persediaan barang yang Anda jual dalam e-commerce. Tentu saja akan sangat merepotkan jika Anda harus mengelolanya secara manual. 

Software ERP memudahkan Anda untuk mensetting jumlah barang yang akan dijual pada pembeli secara online dan offline. Karyawan juga akan dapat bekerja dengan lebih efisien dengan adanya integrasi ERP dengan e-commerce dalam meningkatkan atau menurunkan jumlah pelanggan.

  • Informasi Pendapatan Lebih Tepat dan Mudah

Software ERP memiliki database yang berisi data lengkap mengenai catatan penjualan. Data tersebut tersimpan secara otomatis tanpa harus ribet mencatatnya dengan manual maupun menggunakan jasa orang lain. 

Catatan dalam database tersebut juga valid. Maka Anda tidak perlu khawatir data salah karena semua sudah tercatat otomatis dan di-update setiap hari.

Perlu diketahui semakin berkembangnya teknologi, Anda harus bisa memanfaatkannya secara maksimal. Integrasi e-commerce dengan ERP untuk bisnis juga salah satu cara memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaan Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *