6 Proses Analisa POI Sebuah Daerah Dilakukan Dengan Detil dan Teliti

proses pengambilan gambar menggunakan jasa analisa persebaran poi

Mengapa saat kita melihat hasil jepretan seorang fotografer terbaik akan mudah menebak dan mengerti tujuannya serta bisa berkata: wah, hasilnya sangat bagus sekali?

Karena seorang fotografer harus memiliki keahlian mengambil gambar dengan baik, salah satunya POI (Point of interest). POI ialah titik fokus foto yang mewakili semua isi foto. Agar hasil jasa analisa persebaran POI sukses, Anda harus mematuhi 6 proses berikut ini:

  1. Menentukan lokasi kajian

Dalam menentukan lokasi kajian sebaiknya diambil dengan maksud dan tujuan jelas, artinya lokasi tersebut adalah lokasi yang benar-benar menjadi sumber informasi berita aktual. Sebagai contoh, POI daerah rawan gempa, kita ambil objek dengan efek gempa, seperti longsoran. 

  1. Membuat mind mapping dan form survey

Mind mapping atau peta pikiran menjadi kerangka sebuah cerita, misalkan Anda ingin mengambil objek daerah rawan banjir. Maka, kerangka yang disusun seperti kapan terjadi banjir, adakah objek yang terseret arus banjir, perlindungan apa saat banjir, peralatan yang dibutuhkan. Setelah itu, Anda buat form survey untuk melengkapi data pendukung. 

  1. Lakukan survey lapangan 

Biasanya setelah proses nomor 2 selesai, Anda dapat data mentah dan dipertimbangkan lalu survey lapangan. Barulah muncul ide baru untuk mengambil foto dengan teknik apa yang pas dan kapan. 

  1. Lakukan input data  

Input data dilakukan dengan kesiapan pengambilan gambar atau foto. Untuk pengambilan gambar tidak cukup sekali jepretan saja, minimal Anda lakukan 10 kali jepretan agar bisa diseleksi hasil terbaiknya. Semua jepretan tidak harus sesuai mind mapping agar tujuan cerita masuk semua. 

  1. Olah data

Setelah semua hasil jepretan terkumpul, lakukan olah data yang meliputi seleksi foto, jumlah foto dan penerapan efek cahaya atau pendukung. Anda juga bisa memberikan keterangan pada foto dengan vital, contohnya foto banjir di Jakarta, 13 Desember 1998 menelan korban tak selamat 120 orang. 

  1. Memvisualisasikan survey

Setelah proses editing selesai dan berhasil mendapatkan foto yang diinginkan tinggal memvisualisasikan ke khalayak ramai. Hasil foto dengan jasa analisa persebaran POI tentu sangat nyaman dinikmati oleh setiap orang yang melihat karena didasarkan dengan ilmu fotografi yang baik. 

Apa saja efek yang diperoleh dari analisa POI?

Kemungkinan penambahan sarana, pengamatan situasi serta perkiraan kejadian yang muncul menjadi beberapa faktor efek analisa POI. Sebagai contoh, Anda mengambil foto dengan persebaran daerah rawan banjir dari ketinggian tertentu, nantinya bisa dianalisa pencegahan apa yang harus diadakan di sekitar. Ramalan perkiraan bisa diatasi dari dasar sebuah foto. 

Untuk mendukung jasa analisa persebaran POI dilengkapi juga dengan GNSS, aplikasi Autocad, dan Q-gis. Semakin bagus sebuah POI maka semakin mudah kita mendapatkan solusi masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *