4 Tahapan Pembelajaran Kurikulum Cambridge

Ilustrasi kelas

Kurikulum Cambridge sudah diperkenalkan beberapa tahun silam di Indonesia dan sudah mengalami penyesuaian. Banyak orangtua yang memilih kurikulum yang satu ini karena dianggap tidak memberatkan anak dalam belajar. Ketahui lebih banyak tentang SMA Cambridge Balikpapan!

Jenjang Pembelajaran Sekolah Kurikulum Cambridge 

Berkaitan dengan jenjang pembelajaran, kurikulum Cambridge akan di bagi menjadi 4 tahapan yaitu :

1.Cambridge Primary

Jenjang pertama di khususkan untuk anak berusia 5 – 11 tahun, di jenjang yang satu ini mempunyai tujuan untuk memberikan arahan kepada anak supaya bisa mencapai berbagi hal yang memang seharusnya dapat dicapai ketika masih di awal usia. Proses pembelajaran mata pelajaran kurikulum Cambridge akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar yang utama. 

  1. Cambridge Lower Secondary

Kedua jenjang yang dikhususkan bagi anak usia 11 – 14 tahun, bertujuan untuk dapat mengembangkan dan mendalami berbagai keterampilan yang dimiliki. Program yang satu ini akan berlangsung kurang lebih selama tiga tahun yang akan mempelajari bahasa Inggris, matematika, beserta sains. 

  1. Cambridge Upper Secondary

Berikutnya adalah kelanjutan dari jenjang yang sebelumnya, program yang dirancang bagi anak usia 14 – 16 tahun. Ketika sudah memasuki tahapan ini maka siswa sudah dapat memilih program dengan menggunakan dua cara yaitu Cambridge O Level dan juga Cambridge IGCSE. Walaupun ini merupakan program lanjutan, untuk setiap siswa tidak memiliki kewajiban mengikuti dan menyelesaikan dengan tuntas tahapan Cambridge lower secondary

  1. Cambridge Advanced

Sudah bisa dilihat dari namanya program yang terakhir ini memang tergolong lebih advanced dan diperuntukkan untuk anak yang berusia 16 – 19 tahun. Tujuan yang dimilikinya adalah mempersiapkan anak untuk bisa masuk ke universitas. Berada di tahapan ini siswa akan diberikan sebuah pilihan untuk menggunakan Cambridge international As and A level, atau Cambridge Pre-U. 

Itulah 4 jenjang yang harus dilewati seorang siswa yang sistem pembelajarannya menggunakan kurikulum Cambridge internasional. Dilihat dari tahapannya kurikulum internasional yang satu ini memiliki jumlah mata pelajaran yang sangat sedikit sehingga materi beserta pembahasan akan menjadi lebih mendetail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *