Ini Dia Sistem, Fungsi, dan Cara Pengoperasian ADCP Survey yang Perlu Dipahami!

jasa adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut

Pengukuran arus pada laut dan analisa gelombang secara manual mungkin akan memakan waktu yang sangat lama dan juga membutuhkan banyak biaya, tapi seiring berjalannya waktu kini hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut ADCP. Berikut ini merupakan ulasan menarik mengenai sistem, fungsi, hingga cara untuk mengoperasikan jasa adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut yang perlu dipahami.

Sistem ADCP Survey

ADCP menggunakan teknologi tinggi dan sistemnya terdiri dari dua bagian penting, yaitu profiler dan kontrol. Pada bagian profiler terdiri atas beberapa komponen atau instrumen diantaranya adalah tranduncer, kompas, sensor suhu, komponen yang berfungsih mengolah sinyal.

Untuk bagian kontrol terdiri dari powersupply sebagai komponen komunikasi elektronik, komputer serta perangkat lunak yang digunakan untuk pengolahan data adcp dan juga membantu dalam melakukan kontrol kinerja dari alat ini.

Sistem untuk mengontrol profiler, perekaman hingga pengolahan data dalam pengoperasian adcp  ini selalu menggunakan program komputer. Pengolahan data adcp ataupun analisa data yang dilakukan pada saat alat ini dioperasikan meliputi perata-rataan pengukuran dengan tujuan untuk meningkatkan akurasi dalam pengukuran menggunakan adcp.

Saat pengoperasian alat ini nantinya juga dapat langsung melihat data pengukuran melalui monitor yang sudah tersedia dan data tersebut disajikan dalam bentuk grafik yang sangat membantu dalam memahami data sistem arus yang diukur.

Fungsi ADCP Survey

Fungsi dari alat ini adalah untuk menghitung arah frekuensi gelombang spektrum yang nantinya akan membantu dalam menganalisa gelombang dan arus pada laut. ADCP juga dapat dioperasikan di perairan dangkal ataupun perairan yang memiliki kedalaman tertentu. Selain itu, pengolahan data adcp juga dapat digunakan untuk menghitung profil dan level air. Risiko kerusakan pada alat ini juga cukup kecil jika dibandingkan dengan alat-alat sejenis.

Cara Pengoperasian ADCPSurvey

ADCP pada jasa survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut ini dipasang sebagai suatu penambat di permukaan laut maupun di dasar laut, tapi alat ini juga dapat dipasang secara permanen ataupun temporal untuk pengambilan data pada data profil arus dan keseluruhannya tergantung pada konfigurasi alatnya.

Untuk cara pengoperasian adcp yang pertama kali dilakukan adalah melakukan persiapan. Pertama hubungkan kabel konektor pada adcp, kemudian dapat dilanjutkan dengan mengoleskan silicon greaser pada sensor tekanan dan O-ring. Selanjutnya dapat dilakukan pengecekan komponen-komponen pada alat ini.

Cara pengoperasian adcp berikutnya adalah dengan melakukan kalibrasi dan tahap terakhir dalam persiapan adalah pemasangan penyangga ADCP dan pemberat. Setelah persiapan selesai dilakukan, tahap selanjutnya adalah melakukan perencanaan pengambilan data, proses ini sangat penting dilakukan. Setelah itu, proses terakhir adalah penerjunan ke lokasi pengambilan data dan langkah terakhir setelah pengambilan data adalah peremajaan alat. 

Itulah ulasan menarik mengenai sistem, fungsi, hingga cara mengoperasikan alat adcp survey yang dapat digunakan untuk analisa gelombang dan arus pada laut. Penggunaan alat ini tentunya perlu didampingi oleh tenaga profesional dari jasa adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *