Nilai Kristiani dari Guru SMP Kristen Balikpapan

Ilustrasi guru

Menjadi seorang pendidik tentunya bertanggung jawab akan setiap pembelajaran yang diterima murid-muridnya. Di sekolah kristen sendiri, pendidik atau guru tidak hanya memberikan pembelajaran pada pelajaran-pelajaran dan metode formal, tetapi juga memberikan contoh pengamalan nilai-nilai kristiani pada setiap tindakannya.

Nilai Kristiani Bagi Murid

Setiap perilaku yang dicontohkan oleh guru tentunya akan dijadikan contoh oleh semua murid di sekolah kristen. Maka dari itu, penting sekali bagi seorang guru kristen untuk selalu bersikap dan berperilaku memegang teguh nilai kristiani serta menjadi contoh sebagai umat kristen yang baik.

Menjadi seorang guru di SMP Kristen Balikpapan

Oleh karena itu, menjadi seorang guru di sekolah kristen perlu memiliki beberapa hal yang sudah tertanam di dalam dirinya, yakni.

  1. Sudah menerapkan nilai-nilai kristiani dalam tindakan nyata

Nilai-nilai kristiani yang diajarkan oleh guru bisa ditunjukan dalam setiap interaksi dan juga hubungan sosial kepada sesama, tidak hanya kepada murid tetapi juga pada sesama pendidik dan yang lainnya. Sehingga sebagai guru perlu menjadi teladan untuk hidup dalam kebenaran, tindakan nyata menjadi salah satu aspek yang perlu dimiliki.

  1. Menjadi guru adalah salah satu ladang pelayanan

Pekerjaan guru sebaiknya tidak hanya dipandang sebagai profesi atau karir untuk mendapatkan penghasilan saja. Akan tetapi lebih dari itu, menjadi guru kristen bisa dijadikan sebagai panggilan dari Tuhan dan menjadikannya sebagai ladang untuk menjalani pekerjaan sesuai dengan yang Tuhan berikan.

  1. Mendidik dengan menjadikan pengajaran Tuhan Yesus sebagai teladan

Dalam proses pengajaran murid, diperlukan beberapa prinsip yang diajarkan oleh Tuhan Yesus, diantaranya adalah prinsip konsentrasi, prinsip kasih,  prinsip holistif (berupa aspek efektif, kognitif, psikomotorik, dan disposisional),

Setiap prinsip pengajaran tersebut merupakan metode pengajaran yang diajarkan oleh Yesus untuk membimbing ke dua belas murid-Nya sebagai bekal hidup agar murid-murid tersebut hidupnya bisa berubah ke arah yang lebih baik.

Itulah beberapa hal yang perlu dimiliki oleh seorang guru kristen di SMP Kristen Balikpapan saat memberikan pengajaran pada murid-muridnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *