Jual Besi CNP, Kenali Fungsi Sebelum Anda Membelinya

ilustrasi baja ringan

Jika mendengar tentang kanal C, besi CNP, C-Channel, pastinya terdengar asing, tapi bagaimana jika baja ringan. Anda tentu tahu bahwa ini adalah salah satu bahan konstruksi yang cukup penting digunakan dalam sebuah bangunan belakangan ini. Sebenarnya fungsi dari Besi CNP itu apa saja, ini yang harus Anda ketahui dan cari tahu, sebelum mengunjungi penyedia jual besi cnp.

  1. Penutup dinding

Tahukah Anda bahwa Besi CNP juga dapat digunakan untuk penutup dinding. Tentunya Anda pernah melihat sebuah bangunan yang dindingnya menggunakan besi atau logam, maka jenis besi yang digunakan kali ini biasanya adalah besi CNP itu sendiri.

Kelebihan ketika Anda membelinya di penyedia jual besi cnp, adalah Anda dapat memilih ukuran besi yang tepat dan pastinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengingat besi jenis ini cukup beragam, ada yang ukurannya kecil atau besar, atau dalam hal ini bobotnya ringan dan ada juga yang bobotnya berat

  1. Sebagai rangka atap

Adapun fungsi kedua dari  jenis besi CNP yang satu ini adalah sebagai rangka atap, atau Anda mengenalnya dengan sebutan baja ringan. Umumnya jenis besi CNP tersebut banyak digunakan pada atap pabrik atau atap bangunan lainnya.

Kali ini, besi akan dipasang menyerupai 2 sisi samping di bagian segitiga. Fungsinya tidak lain untuk menopang atau dari bagian gedung, gudang atau pabrik itu sendiri.

Bahan tersebut sengaja digunakan, lantaran kekuatannya yang baik, dan mampu membuat bagian atap tanpa kokoh, tidak mudah rapuh.  

  1. Sebagai purlin

Ketika Anda melihat sebuah atap gedung, maka Anda akan melihat purlin. Purlin ini adalah sebuah bahan yang bentuknya seperti balok dudukan, fungsinya untuk menutup atap besi. Umumnya bahan untuk membuat purlin ini menggunakan besi kanal C atau besi CNP. Alasannya tidak lain adalah lebih kokoh, dan mampu menopang benda berat yang ada di atasnya.

  1. Sebagai pagar

Tidak banyak yang menyadari bahwa besi CNP juga dapat digunakan sebagai pagar depan rumah. Tidak hanya sebagai pagar rumah, namun juga dapat digunakan sebagai pagar dari berbagai jenis bangunan atau juga kantor.

Besi CNP yang panjang serta kuat, adalah salah satu alasan, kenapa bahan tersebut digunakan sebagai pagar, selain karena bentuknya yang cantik. Apalagi ukurannya sendiri dapat disesuaikan. Jika dinilai terlalu panjang, maka Anda dapat langsung memotongnya, dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Kali ini Anda dapat memasangnya secara vertikal ke atas, atau secara horizontal ke  samping.

  1. Aksesoris

Kali ini cukup banyak arsitek yang menggunakan besi CNP sebagai bingkai, untuk membentuk sebuah komponen tertentu. Seperti biasa selain karena bahannya yang kokoh, juga karena bentuknya yang menyerupai sebuah bingkai, dan membuat bentuk komponen jadi terlihat rapi.

Demikianlah beberapa fungsi lain, dari besi CNP ketika Anda membeli dan menggunakan besi CNP yang banyak penyedia jual besi cnp, jual tawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *