3 Alat Bantu yang Bisa Anda Gunakan Untuk Belajar IELTS, Bisa Ditemukan Di Rumah

Bagi Anda yang tengah belajar IELTS online bisa saja  menghadapi dilemma. Pasalnya,meski proses belajarnya mudah, Anda bisa jadi sulit mempraktekannya karena lebih banyak belajar sendiri di depan komputer.

Anda tidak perlu khawatir karena  hal itu bisa diatasi dengan memakai 3 alat bantu berikut.

  • Berlatih di Depan Cermin

Perlu Anda ketahui kalau tes IELTS akan memberikan Anda kesempatan untuk bicara dengan penguji di sesi speaking. Durasi sesi ini adalah sekitar 12 sampai 14 menit. Jika Anda tidak mempersiapkan diri sebaik mungkin, Anda bisa saja tidak tampil maksimal saat ujian.

Demi menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda berlatih dengan menggunakan cermin. Di depan cermin,Anda bisa melakukan evaluasi tentang gesture serta ekspresi wajah Anda ketika berbicara.

Selain untuk melakukan evaluasi, berlatih bicara di depan cermin juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri. 

Kepercayaan diri Anda merupakan salah satu faktor penting penentu keberhasilan Anda dalam tes nanti.

  • Alat Tulis, Buku dan Timer

Bagi Anda yang belajar IELTS online mungkin akan lebih sering memakai komputer daripada buku dan alat tulis.

Tetapi, perlu diketahui kalau tes IELTS akan dilakukan secara tertulis. Artinya Anda akan menuliskan jawaban Anda di kertas bukannya di komputer.

Tentu tidak ada salahnya kalau Anda coba berlatih untuk menjawab soal yang temukan di internet dengan memakai buku dan alat tulis seperti pulpen atau pensil.

Anda bisa mencoba mengerjakan soal terlebih dahulu baru kemudian memeriksa hasilnya.

Akan lebih bagus kalau Anda juga menggunakan timer selama mengerjakan. Hal ini bisa Anda lakukan supaya terbiasa mengerjakan soal dalam hitungan waktu yang terbatas.

  • Voice Recorder

Voice Recorder atau alat perekam suara juga bisa jadikan alat bantu belajar. Anda bisa merekam suara Anda ketika sedang berlatih reading ataupun yang lainnya.

Dengan merekam suara, Anda bisa mengevaluasi apa saja yang masih perlu Anda perbaiki baik itu dari pengucapan maupun intonasi.  

Itulah 3 alat bantu yang bisa Anda gunakan untuk melatih kemampuan Anda,  meskipun Anda belajar IELTS online tapi Anda juga perlu untuk tetap melakukan evaluasi terhadap kemampuan bahasa Inggris Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *