Pentingnya Kursus TOEFL dan 4 Kegunaan Sertifikat TOEFL untuk Mahasiswa dan Job Seeker

kursus toefl

Repot-repot Kursus TOEFL buat apa sih ? Wah, anda belum sadar bahwa, belakangan sertifikat TOEFL sering dijadikan sebagai persyaratan untuk melamar kerja, kelulusan, dan kenaikan jabatan. 

Coba simak kegunaan sertifikat TOEFL berikut ini agar anda tahu betapa pentingnya kursus TOEFL IELTS di era ini !

Kegunaan Sertifikat TOEFL

  • Syarat Melamar Kerja

Sekarang ini sertifikat TOEFL juga dijadikan sebagai salah satu persyaratan untuk melamar kerja. Beberapa instansi yang membutuhkannya biasanya adalah perusahaan Swasta dan BUMN.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika seleksi CPNS juga memerlukan persyaratan tersebut. Itu dibutuhkan oleh beberapa instansi, seperti misalnya Kementerian ESDM, Kemenlu, Kominfo, dan Kementerian BKPM. 

  1. Syarat Naik Jabatan

Ada perusahaan yang mengharuskan karyawannya memiliki sertifikat TOEFL jika ingin naik jabatan. Hal itu untuk menjamin kualifikasi kemampuan bahasa karyawan yang dipromosikan.

Ya kali punya jabatan tinggi tapi nggak paham sama bahasa Internasional, a.k.a Bahasa Inggris. Malu-maluin perusahaan kalau nanti meeting sama klien dari luar negeri. 

  1. Syarat Kelulusan

Syarat yang ini umum terjadi pada tingkatan Pendidikan Tinggi. Tidak semua universitas, namun sebagian besar Universitas Negeri di Indonesia menggunakan TOEFL sebagai syarat kelulusan mahasiswanya.

Setiap jurusan dan tingkatan pendidikan juga memiliki batas skor TOEFL yang berbeda. Universitas-universitas tersebut tidak akan meluluskan mahasiswanya jika mereka tidak mencapai batas skor minimal.

Oleh karena itu, banyak mahasiswa tingkat akhir mendadak cari tempat kursus TOEFL dan rela ikut kursus TOEFL online demi bisa mencapai batas minimal tersebut. 

  • Syarat Lanjut Studi

Syarat ini umum dijumpai di berbagai universitas (baik dalam negeri maupun luar negeri) ketika seseorang ingin mendaftarkan diri untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni S2 atau S3.

Sama halnya dengan syarat kelulusan, masing-masing universitas memiliki batas skor minimal untuk calon mahasiswa Magister atau Doktoral.Skor tersebut biasanya akan lebih tinggi dari batas skor kelulusan.

Jika anda adalah calon mahasiswa S2/ S3, yuk segera cek biaya kursus TOEFL dan cari tempat Kursus TOEFL agar bisa lolos di universitas tujuan anda !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *