3 Fungsi Pada Gas Convection Oven

ilustrasi gas oven

Gas convection oven menjadi teknologi oven yang dapat membantu Anda dalam memasak atau memanggang berbagai makanan. Dalam proses bekerjanya, oven konveksi gas memiliki fungsi yang membantunya menghasilkan panggangan yang sempurna. Berikut simak ulasannya. 

  • Fungsi Konveksi

Sebenarnya oven ini sama saja dengan oven umum lainnya yang memiliki aliran panas pada bagian atas dan bawahnya. Hanya saja, perbedaannya terletak sesuai dari namanya, jika oven ini memiliki fungsi dan fitur konveksi di dalamnya. Konveksi ini ialah berupa kipas yang tertanam di dalam oven yang memiliki manfaat untuk meratakan panas di dalam oven. 

Kipas yang ada di dalam oven inilah yang akan membuat adonan atau makanan yang dipanggang dapat matang secara merata, bahkan merata dengan sempurna. Hal tersebut dikarenakan fitur konveksi ini dapat membuat makanan seperti dimasak dan dibungkus dengan suhu tinggi yang bersifat konstan. 

  • Fungsi Bakar

Fungsi gas convection oven yang kedua ialah fungsi bakar. Fungsi yang ada ini menggunakan elemen panas yang keluar pada bagian atas oven. Aliran panas yang keluar pada bagian atas oven konveksi dapat berguna untuk membakar serta memberikan efek warna kecoklatan pada adonan atau makanan. 

Jika fungsi konveksi menggunakan panas secara merata dan proses pemanggangan yang sempurna, pada fungsi bakar ini menggunakan proses pemanasan hanya dalam waktu yang terbilang sangat cepat. Fungsi bakar ini untuk dapat menggantikan fungsi dua peralatan masak lainnya, yaitu toaster dan grilled. 

  • Fungsi Oven

Fungsi yang terakhir, yaitu fungsi oven. Fungsi oven merupakan fungsi pada oven convection yang dapat untuk memanggang adonan atau makanan secara sempurna. Hal tersebut dikarenakan aliran panas yang tersebar pada bagian bawah dan juga atas oven. Ditambah dengan adanya suhu yang tinggi yang dapat mempengaruhi proses pada pemanggangan. 

Umumnya, oven digunakan untuk memanggang berbagai adonan kue, tetapi nyatanya gas convection oven juga mampu untuk memanggang makanan yang memiliki ukuran cukup besar, seperti daging yang tebal dan juga besar. Bahkan Jika Anda memasak roast chicken pada oven jenis, ini maka dapat matang secara sempurna dan menghasilkan daging yang lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *