Cara Mengetahui dan Meningkatkan Kesuburan Wanita

alat cek kesuburan wanita

Melakukan tes kesuburan bagi wanita merupakan hal yang penting dan bertujuan untuk mengecek hormon kesuburan wanita. Tes kesuburan ini dianjurkan bagi pasangan suami istri yang belum berhasil memiliki keturunan setelah berusaha dan tanpa menggunakan alat kontrasepsi selama satu tahun. Pemeriksaan kesuburan berguna untuk mendeteksi apakah terjadi masalah dan penyebab masalah atau kemungkinan terjadi infertilitas.

Penting sekali bagi organ reproduksi wanita untuk berfungsi secara optimal supaya bisa hamil. Organ reproduksi yang harus berfungsi optimal dan memiliki kinerja yang baik diantaranya adalah rahim, indung telur atau ovarium, dan tuba fallopi. Diperlukan alat cek kesuburan wanita untuk memeriksa kondisi serta masalah yang mungkin terjadi dan menjadi gangguan fungsi pada masing-masing organ reproduksi tersebut.

Tes untuk mengetahui tingkat kesuburan wanita

 Tes kesuburan akan lebih maksimal jika dilakukan secara rinci dan menyeluruh oleh dokter ahli. Berikut beberapa tes yang diakukan dokter untuk mengetahui tingkat kesuburan atau mendeteksi adaya masalah yang mempengaruhi ketidaksuburan wanita:

  1. Tes Urine, dokter mungkin akan memerlukan sampel urin untuk mengecek kadar hormon luteinizing pada wanita. Hormon ini akan membantu pertumbuhan folikel.
  2. Ces suhu badan, jika ovulasi berlangsung dengan benar pada rahim wanita, setelah masa ovulasi selesai tubuh wanita kan memiliki suhu yang tinggi dan sering merasa gerah.
  3. Tes Pap Smear, alat cek kesuburan wanita ini perlu dilakukan untuk mendeteksi apakah ada gejala kanker serviks atau mendeteksi adanya gejala penyakit menular seksual lainnya yang akan mengganggu proses kehamilan.

Cara Menambah Hormon Kesuburan Wanita

Beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan hormon yaitu dengan memiliki gaya hidup yang sehat. Seperti halnya memperhatikan dan menjaga pola makan serta rajin berolah raga. Selain itu juga perbanyak mengonsumsi asam folat juga akan membantu meningkatkan kesuburan hormon, asam folat ini banyak didapat jika kita mengonsumsi sayur hijau seperti brokoli, asparagus, dan lainnya. Selanjutnya perlu sekali dihindari yaitu mengkonsumsi alkohol, tidak boleh banyak minum yang mengandung kafein, serta menghindari merokok.

Cara lain yang mampu membantu meningkatkan hormon kesuburan wanita yaitu dengan cara tetap relaks dan jangan terlalu banyak memikirkan hal yang berat. Selain itu perbanyak minum air putih, mengonsumsi multivitamin, dan meminum susu. Melakukan aktivitas yang menyenangkan dan memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat juga membantu meningkatkan kesuburan wanita. Jangan lupa untuk menggunakan alat cek kesuburan wanita untuk memperbesar keberhasilan program hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *